Wednesday, April 04, 2007

Kenapa Orang Jepang Suka Mengkonsumsi `Negi`...

Catatan pendek ini barangkali berkaitan dengan topik rahasia panjang umur orang Jepang yang pernah dibahas di milis PPI Jepang beberapa bulan lalu. Menurut pengamatan saya selama tinggal di Jepang, orang Jepang sering sekali menggunakan potongan daun bawang atau dalam bahasa Jepang disebut negi sebagai taburan hampir setiap masakan yang berkuah, misalnya soba, udon, miso siru, ramen, dll. Kalau di Indonesia mungkin peran negi ini hampir sama dengan bawang goreng yang selalu ditaburkan pada soto, gule, sop, dll. Terus terang saja, bawang goreng kurang dikenal di Jepang.

Penasaran juga kira2 apa manfaat daun bawang tsb. untuk kesehatan. Saya sempat googling tapi tidak mendapatkan informasi yang berarti. Apakah benar bisa menurunkan kolesterol? Kalau bawang merahnya sendiri saya pernah baca bisa mencegah penyakit jantung. Kalau di Indonesia biasanya potongan daun bawang ini digunakan untuk taburan mie ayam atau soto biar aromanya lebih sedap. Kalau di Jawa Tengah bagian utara, potongan daun bawang ini dinamakan "onclang", di Jawa Timur namanya bawang prei, dll.

Mestinya ada rahasia di balik semua kebiasaan makan orang Jepang, termasuk pemakaian negi potong sebagai campuran masakan berkuah. Kalau memang negi bisa bermanfaat untuk menurunkan kolesterol memang pantas menjadi alasan yang tepat bagi orang Jepang untuk mengkonsumsinya, mengingat sebagian besar dari mereka anti dengan makanan yang berkolesterol, kebalikan dengan orang Indonesia, apalagi orang Padang. Kebetulan saya termasuk penggemar potongan daun bawang ini, sekaligus juga penggemar bawang goreng. Mudah-mudahan memang benar ada manfaatnya untuk kesehatan.

Kumamoto, 4 April 2007
Nur H.

0 Comments:

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home